Selasa, 21 Februari 2012

Macaroni Schotel isi Sayur

Anak saya Agung paling susah yang namanya makan nasi dan sayuran, dia doyannya pasta dan keju, sok londo banget kan, maka sebagai variasi macaroni ini saya buat dengan mengkombinasikan beberapa resep dan menyelipkan beberapa sayuran agar lebih sehat, selamat mencoba.


bahan:
225 gr macaroni elbow, rebus sesuai petunjuk pada kemasan, sisihkan
150 gr daging sapi, cincang
4 butir telur ayam, kocok lepas
250 gr keju, parut
3 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay, cincang halus
2 buah wortel, parut kasar, boleh dipotong dadu sesuai selera
50 gr daun bayam, iris kasar
50 gr jamur merang, cincang kasar
2 sdm margarine
2 sdm olive oil
susu cair secukupnya (sesuai kekentalan adonan yang diinginkan, kalau saya menggunakan sekitar 300 ml susu murni)

bumbu:
Garam sesuai selera
Merica bubuk sesuai selera


cara membuat:
  • Panaskan margarine dan olive oil, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu. tambahkan daging cincang. garam dan merica, aduk rata, tunggu hingga daging matang, tambahkan macaroni, wortel, jamur dan bayam, aduk sampai rata lalu angkat dari api, dinginkan.
  •  Aduk ditempat terpisah susu cair dan telur, tambahkan dengan keju parut (sisakan sedikit untuk bahan taburan), aduk sampai tercampur rata, boleh ditambahkan lagi garam dan merica bubuk bila suka.
  • Campurkan kedua adonan tadi, aduk sampai rata, tuang kedalam loyang tahan panas, taburi dengan sisa dari keju parut yang telah disisihkan tadi.
  • Kemudian panggang dalam oven dengan panas sedang sekitar150-180 C selama + 40-50 menit. Angkat, dan sajikan selagi hangat dengan saus sambal dan tomat.

tips:
  • Kalau tidak ada daging sapi cincang, bisa diganti dengan daging ayam, kornet, irisan sosis atau irisan smoked beef.
  • Agar lebih harum biasanya saya mengoleskan margarin secukupnya ke loyang sebelum digunakan.
  • Biasanya saya lebih suka memanggang dulu adonan sebelum menaburkan keju parut, kira-kira adonan sudah setengah matang saya keluarkan dari oven untuk saya taburkan keju parut, setelah itu adonan saya masukkan kembali ke dalam oven dan saya panggang sampai benar-benar matang.
  • Untuk varian rasa tambahkan pala yang telah diparut halus sesuai selera kedalam campuran susu cair dan telur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar